Tata Cara Perawatan Bayi Baru Lahir Secara Benar

Pada umumnya Bayi baru lahir ke dunia setelah sembilan bulan lebih berada di dalam kandungan. Anda dan pasangan pasti merasa takjub sebab dengan berbagai tumbuh kembang yang dialami bayi. Oleh karena itu, tidak jarang para orangtua baru sering keheranan dan bertanya mengenai perkembangan bayi baru lahir. Hal ini tentu terjadi sebab Anda sebagai orangtua ingin tahu cara merawat bayinya dengan benar.

Penanggulangan bayi tergantung pada keadaannya, apakah ia normal atau tidak. Di antara bayi yang tidak regular ada yang membutuhkan pertolongan segera (excessive danger baby = bayi gawat), seperti asfiksia, perdarahan, dan lain-lain; ada pula yang tidak memerlukan pertolongan segera, seperi labioskisis, sindaktilia, dan lain-lain. Pada saat terlahir, bayi belum menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya, sehingga tubuhnya pun masih terlihat sangat lentur dan bersisik. Namun selang beberapa hari, ia akan tumbuh menjadi bayi yang lucu serta kulit yang bersih dan menggemaskan. Segera hentikan pemakaian untuk produk yang menyebabkan alergi seperti saja bercak merah yang muncul seiring dengan pemakaian produk tersebut. Perubahan kulit ini, kata Brown, biasanya mulai hilang setelah mulai minum ASI. Namun yang perlu menjadi perhatian adalah saat kulit bayi secara signifikan menjadi kuning dalam satu sampai dua hari pertama hidupnya, Anda perlu segera membawanya ke dokter.

Perkembangan janin di trimester ketiga sangan berkembang cepat, mulai dari perkembangan organ dan ukurannya. Bayi baru lahir memiliki sekitar 300 tulang dalam tubuh mereka. Sedangkan orang dewasa hanya memiliki 206. Sebab, saat pertumbuhan bayi, banyak tulang bergabung sehingga mengurangi jumlah tulang di dalam tubuhnya. Yang perlu diingat saat membedong, gunakan selimut yang lembut dan nyaman, jangan terlalu kencang, dan jangan menutupi mulut atau hidung karena membuat bayi sulit bernapas. Semoga mahasiswa dapat menambah pengatuhannya tentang pengertian dari BBL atu neonatus, tanda bahaya dari BBL, penampilan pada BBL, kunjungan ulang BBL, kunjungan pertama oleh petugas kesehatan, dan manajemenpada bayi baru lahir dan neonatus.

Segala usaha telah dilakukan untuk menyempurnakan makalah ini. Namun penulis menyadari bahwa dalam makalah ini mungkin masih ditemukan kekurangan dan kekhilafan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang dapat dijadikan masukan guna perbaikan di masa yang akan datang. Untuk bantuan di-rumah, Anda mungkin ingin menyewa seorang perawat bayi yang bertanggung jawab untuk membantu Anda untuk waktu yang singkat setelah melahirkan. Dokter atau rumah sakit merupakan sumber yang baik untuk mencari informasi tentang bantuan perawatan bayi di-rumah, dan bahkan mungkin bisa membuat rujukan ke lembaga kesehatan di rumah. Bila bayi kembung atau banyak buang angin, gerakkan kedua kakinya seperti gerakan mengayuh sepeda. Gerakan ini dapat membantu ia mengeluarkan gasoline dari perutnya.

Tiap minggu ke minggu dan bulan ke bulan janin selalu mengalami perkembangan. Secara umum perkembangan janin dalam kandungan dibagi menjadi 3 tahap yaitu trimester pertama, trimester kedua dan trimester ketiga. Lalu apa sajakah perkembangan janin tiap tahap? Berikut ini perkembangan janin tiap trimester. Bayi masih memiliki cadangan makanan dari rahim ibu di dalam kandungan, sehingga bayi pun masih bisa bertahan meskipun tidak makan sama sekali selama 3×24 jam.

Tinggalkan komentar